Selasa, 24 Februari 2015

KOMUNIKASI DATA

SEJARAH KOMUNIKASI DATA

Definisi

Sebelum mempelajari sejarah komunikasi data, pertama-tama penting untuk memahami persis apa yang merupakan bentuk pertukaran informasi. Karena sejarah komunikasi data jauh melampaui koneksi yang modern untuk komputer dan perangkat nirkabel, beberapa mungkin menemukan akar paling kuno dari saluran komunikasi mengejutkan. Menurut Dr Carl Rebman, seorang profesor komunikasi data dan Jaringan Komputer di University of San Diego, lexicographers telah menetapkan pelaporan data sebagai ” Setiap proses yang memungkinkan bagian dari pengirim ke satu atau lebih penerima informasi dari setiap alam, disampaikan dalam mudah gunakan formulir atau dengan sistem elektromagnetik”. Definisi ini membantu sejarawan melacak peralatan digital modern jauh melampaui akar komunikasi data.

Sejarah Kuno

Menurut Sejarah organisasi Computing, komunikasi data memiliki akar awal tahun 1837 menunjukkan sistem telegraf Samuel Morse. Sebuah rekening sejarah komunikasi data yang dikirim oleh para ahli telekomunikasi pada umumnya Telecom, LLC juga menunjuk ke sebuah paten untuk telegraf penemu Charles Wheatstone diperkenalkan tahun yang sama. Pada 1843, layanan telegraf telah menjadi diadopsi oleh Great Western Railway, jaminan yang telah memungkinkan kami untuk memperluas layanan di seluruh bangsa.

Perkembangan Telecom

Meningkatkan telegraf, menurut sejarah komputasi, Alexander Graham Bell memperkenalkan telepon pada tahun 1876. Meskipun saluran telepon standar tidak melakukan lalu lintas data hingga hampir seratus tahun kemudian, perkembangan telekomunikasi pertama — ditambah dengan 1895 oleh Guglielmo Marconi menemukan radio — meletakkan dasar bagi banyak selanjutnya perkembangan teknologi komunikasi. Pada tahun 1947, Bell Labs memperkenalkan transistor, sebuah perangkat yang ia temukan dalam berbagai integrasi lebih lanjut dari produk elektronik. Pemerintah AS diperluas pada teknologi ini pada tahun 1958 dengan peluncuran satelit komunikasi berorientasi, dan transmisi faks pertama melalui saluran telepon standar berlangsung empat tahun kemudian.

Koneksi komputer

Setelah transmisi faksimili pertama, pada tahun 1962, modulasi data suara untuk transmisi melalui saluran telepon tersebar di popularitas selama bertahun-tahun. Meskipun modulasi / demodulasi, atau modem, teknologi terus membawa lebih banyak lalu lintas data yang lambat selama sisa abad ke-20, menurut sejarah komputer, pengembangan pada tahun 1969 dari Internet Protocol (IP) ditandai tonggak dalam sejarah komunikasi data. Dalam dekade mendatang, pertama teknologi komunikasi paket seperti Asynchronous transfer Mode (ATM), Frame Relay, dan Integrated Services Digital Network (ISDN) telah muncul sebagai solusi yang layak untuk kebutuhan pusat data dan high-end perumahan. Pada tahun 1991, lebih dari 1 juta server datang online menggunakan teknologi Internet Protocol, dan World Wide Web telah muncul sebagai komponen utama dari Internet sejak pertengahan 1990-an.

Wireless

Sebagai komunikasi data dengan kabel diperluas, suatu pertukaran data modul terpisah yang tidak membutuhkan kabel mengalami perkembangan simultan. Menurut komunikasi nirkabel referensi situs WirelessCommunication.nl, teknologi nirkabel berkembang pesat selama Perang Dunia I. Pada tahun 1921, suara radio siaran komersial pertama, saluran komunikasi yang ditransmisikan data dalam bentuk gelombang radio termodulasi, memiliki Tempat dan polisi operator telah mengadopsi teknologi. Pada tahun 1974, Komisi Komunikasi Federal (FCC) mulai mengalokasikan spektrum nirkabel untuk komunikasi nirkabel, dan perusahaan nirkabel mulai mengintegrasikan data paket radio yang sudah pada tahun 1984. Teknologi ini telah berkembang di sejumlah protokol paket data nirkabel yang digunakan pada abad ke-21 digital.


PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA

Komunikasi Data merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer-komputer, komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.Komunikasi data dapat diartikan pula sebagai proses pengiriman data atau informasi dari suatu sumber (source) ke tujuan (destination).

JENIS-JENIS KOMUNIKASI DATA

1. Jenis Komuniksai Data Melalui Infrastuktur Terestrial

Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastuktur jenis ini.

2. Jenis Komunikasi Melalui Satelit

Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicangkup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.

KOMPONEN KOMUNIKASI DATA

1. Pengirim : piranti yang mengirimkan data.
2. Penerima : piranti yang menerima data.
3. Pesan/Data : informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
4. Media Pengiriman : media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
5. Protokol : aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi.

Bagi yang menginginkan tulisan diatas dalam bentuk pdf bisa diunduh DISINI

Sumber :
http://id.many-how.com/sejarah-komunikasi-data/
http://microcyber2.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-jenis-jenis-komunikasi.html

0 komentar:

Posting Komentar